BRIN dan Komisi VII DPR RI Bantu Bioflok dan Benih Ikan untuk Masyarakat Jember

JEMBER - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memberikan bantuan berupa bioflok dan benih ikan untuk dikembangkan oleh masyarakat Jember.

Bantuan ini diserahkan langsung kepala Pusat Teknologi Produksi Pertanian BRIN Dudi Iskandar di Kaliwates Jember, Rabu (22/09/2021).

"Kami dari BRIN bekerja sama dengan Komisi VII memberikan bantuan bioflok dan benih ikan untuk masyarakat," kata Dudi.

Dudi menjelaskan, teknologi dan hasil kajian dari BRIN menunjukan bahwa sistem bioflok plus sangat cocok diterapkan dalam budidaya ikan.

"Sistem ini dapat meningkatkan pertumbuhan ikan dan mencegah terjadinya penyakit ikan yang disebabkan oleh bakteri," jelasnya.

Apalagi menurutnya, sistem ini sangat cocok diterapkan dalam berbagai lokasi baik di daerah perkotaan maupun perumahan.

"Karena daerah perkotaan sangat cocok dikembangkan bioflok ini, karena keterbatasan lahan dan air," ungkapnya.

Bantuan tersebut diberikan kepada kelompok tani budidaya ikan agar bisa dikembangkan. Sehingga ini menjadi salah satu pengembangan ketahanan pangan.

"Ini jadi salah satu langkah untuk menunjang ketahanan pangan, dan yang paling penting juga memberikan tambahan pendapatan bagi masyarakat serta ekonomi bisa meningkat," jelasnya.

Dudi mengaku, selain memberikan benih pihaknya juga memberikan pendampingan dan juga pelatihan kepada kelompok tani agar bisa terus mengembangkan budidaya ikan sistem bioflok tersebut.

"Kita juga berikan pendampingan termasuk pelatihannya juga," sambung Dudi.

Sampai dengan saat ini sudah ada 52 Kabupaten/Kota yang sudah diberi bantuan serupa. Semuanya berbasis potensi daerahnya masing-masing.

"Ya sudah ada 52 Kabupaten/Kota selama kita pendampingan 2 tahun ini," tutupnya.

Dikonfirmasi terpisah, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Bambang Hariyadi menyampaikan, Jember memiliki potensi yang baik dalam hal budidaya ikan.

"Cocok sekali di Jember ini, apalagi ada kondisi air disini sangat baik dan semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat Jember," kata Legislator Partai Gerindra ini.


Reporter     : Supra
Editor          : Yakub Mulyono

Apa Reaksi Anda?