Minimalisir Gagal Uji Praktek SIM, Satlantas Polres Jember Siapkan Coaching Clinic

JEMBER - Sejumlah pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM) di wilayah Jember, banyak yang gagal saat melakukan ujian praktek berkendara. Ujian ini diperlukan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan pemohon SIM dalam berkendara. Meski terlihat mudah, namun nyatanya masih banyak yang gagal dalam uji praktek berkendara ini.

Agar pemohon yang sudah gagal maupun yang akan mengajukan SIM baru bisa melewati ujian ini dengan lancar, Satlantas Polres Jember mempersiapkan Coaching Clinic atau bimbingan singkat. "Kita persilahkan pemohon SIM baru atau yang sebelumnya gagal, latihan di kantor Satlantas Jember. Dan ini gratis," kata Kanit Regident Satlantas Polres Jember, Ipda Iwan Hadi Siswanto, Jumat (17/09/2021).

Menurut Hadi, Coaching Clinic ini dilakukan untuk mengurangi angka pemohon yang tidak lulus saat ujian praktek berkendara. "Kita harapkan, dengan Coaching Clinic ini, pemohon yang tidak lulus ujian praktek bisa diminimalisir. Syukur-syukur bisa lulus semua," jelasnya.

Coaching Clinic ini menurut Hadi dilakukan sebulan 2 kali setiap hari Sabtu, minggu kedua dan keempat. "Untuk jamnya setelah ujian praktek selesai. Dan ini berlaku untuk yang ingin melatih kemampuan berkendara roda dua maupun roda empat," kata Hadi.

Bagi masyarakat yang berminat dengan Coaching Clinic ini, Hadi mempersilahkan untuk datang langsung ke kantor Satlantas Polres Jember. Lokasi latihan yang digunakan merupakan lapangan yang memang dipakai sebagai ujian praktek berkendara. "Jadi saat nanti masyarakat praktek langsung, sudah tidak gerogi lagi. Karena lokasi latihannya sama saat ujian praktek berlangsung," ungkap Hadi.

Selama Coaching Clinic ini berlangsung, akan ada petugas yang memberikan panduan. "Sehingga saat pemohon ini berlatih, petugas memandu berkendara yang benar itu bagaimana. Dengan begitu, insyaallah pemohon akan banyak yang lulus dalam uji praktek ini," pungkas Hadi.


Reporter     : Supra
Editor           : Sigit Edi Maryanto

Apa Reaksi Anda?