Belum 2 Tahun, Atap Puskesmas Gumukmas Ambruk

JEMBER - Kualitas pembangunan di Kabupaten Jember yang digarap dengan anggaran APBD Jember sangat diragukan kualitasnya. Jika sebelumnya ada atap pemkab, pendopo, kecamatan hingga sekolah. Kini giliran atap Puskesmas Gumukmas yang baru dibangun 2 tahun lalu. Anehnya,  tidak ada hujan ataupun angin, atap puskesmas Gumukmas Rabu siang (23/09/2020) tiba-tiba ambruk. 

Atap plafon yang ambruk ini berada di poli rawat jalan gigi. Beruntung, poli gigi tempat ambuknya atap tersebut sedang tutup, sehingga tidak ada korban dalam peristiwa ini. Namun, kejadian itu sempat menghebohkan penghuni puskesmas yang kebetulan jaga atau dirawat di lokasi puskesmas saat kejadian. 

Yang memprihatinkan, menurut Kepala puskesmas Gumukmas Halimah Arvi, ternyata atap plafon yang ambruk ini termasuk bangunan baru. Dia menceritakan, atap ruang poli gigi tersebut baru saja direnovasi tahun 2018 lalu, "Seharusnya, tahun 2019 masih dalam masa perawatan," jelasnya. Maka, umur bangunan ini kurang dari 2 tahun. 


Namun entah mengapa atap tersebut tiba-tiba ambruk. Untungnya poli gigi memang sedang tutup. "Ketika atap tersebut ambruk tidak ada seorangpun yang berada di sekitar area tersebut," terangnya. Dia mengatakan, kejadian ini sudah langsung dilaporkan kepada dinas kesehatan, dan staf dinas kesehatan juga sudah datang untuk melihat kondisi atap yang ambruk.

Beberapa sisi atap untuk sementara terpaksa disangga menggunakan bambu, karena khawatir akan menimbulkan ambruk susulan disisi yang lain. Dari pantauam di lokasi terlihat ada beberapa rangka baja ringan dalam kondisi berkarat dan patah. Kemungkinan inilah salah satu penyebab atap puskesmas ambruk. Meski ada atap yang ambruk puskesmas Gumukmas dipastikan masih tetap bisa beroperasi normal.


Reporter : Isriadi
Editor : Sigit Edi

Apa Reaksi Anda?