Kejari Jember Akan Kasasi Pembebasan Terdakwa Dodik

JEMBER - Kejaksaan Negeri (Kejari) Jember akan menempuh jalur hukum kasasi terhadap hasil putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi yang membebaskan terdakwa kasus pasar manggisan Kecamatan Tanggul, Irawan Sugeng Widodo alias Dodik.

Kasi Pidsus Kejari Jember Setyo Adhi Wicaksono mengatakan, meski hasil putusan tersebut belum diterima secara fisik, Kejari akan menempuh jalur kasasi karena ada satu terdakwa yang dibebaskan.

"Kami akan periksa hasil persidangannya dan nantinya akan kita susun untuk diajukan kasasi," ujarnya saat ditemui di Kejari Jember, Rabu (16/9/2020).

Menurutnya, dari semua proses pemeriksaan dan persidangan sudah disampaikan kepada majelis hakim. Lalu, fakta oersidangan juga sudah diakui oleh terdakwa.

"Semua fakta persidangan sudah dismpaikan oleh JPU dan tuntutan juga sudah jelas sesuai dengan kesalahannya," imbuhnya.

Setyo menyampaikan dalam waktu 7 hari kedepan akan memelajari hasil persidangan kemarin. "Ya kami akan pelajari hasil persidangan tersebut dan waktu kita hanya 7 hari," tuturnya.

Sementara untuk vonis 3 terdakwa lainnya yakni Fariz, Edi Sandhi dan Anas Ma’ruf, karena putusan majelis hakim sudah diatas 2/3 tuntutan jaksa, maka Kejari tidak mengajukan banding. 

Untuk terdakwa Dodik sendiri, jaksa memberikan tuntutan 7 tahun 6 bulan, namun majelis hakim menjatuhkan vonis bebas.


Reporter : Juli Saputra
Editor : Muzakki

Apa Reaksi Anda?