Pandemi, Polije Sukses Gelar AITEC III 2021

Jember - Politeknik Negeri Jember (Polije) kembali berhasil menyelenggarakan gelaran Agricultural Innovation Technology Competition (AITEC) III 2021 ditengah sitauasi pandemi covid-19, kamis (07/10/2021). Selain tahapan penyelenggaraannya harus mengikuti protokol kesehatan juga tetap menerapkan prinsip-prinsip kompetisi secara fair.


Dalam penjelasan persnya, AITEC III 2021  ini merupakan gelaran yang ketiga dan diikuti oleh 19 PT Vokasi Negeri dan Swasta dengan jumlah peserta sebanyak 327 mahasiswa. Ada 2 kategori yang dikompetisikan, yaitu Kompetisi Inovasi Teknologi bidang Pertanian dan Kontes Vokasi bidang Pertanian. Kontes vokasi itu juga terdapat 7 kelompok, meliputi Teknik Okulasi Tanaman, Teknik Proses Fillet Ikan, Teknik Proses Karkas Ayam, Formulasi Pakan Ternak dan Ikan, Gambar Teknik Alat/Komponen Pertanian dengan Autocad, Desain Kemasan Hasil Pertanian dan Produk Olahan Hasil Pertanian dan Penyuluhan Pertanian.


Direktur Akademik Perguruan Tinggi Vokasi Direktorat jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Beny Bandanadjaya membuka secara resmi gelaran AITEC III 2021 tersebut. Dalam sambutannya, Beny menandaskan bahwa AITEC menjadi salah satu tools atau sarana yang menjadi tolok ukur dalam mengukur kompetensi mahasiswa dari PTV.


 “AITEC menjadi salah satu tolok ukur didalam menukur tingkat kompetensi mahasiswa”, tandas Beny Bandanadjaya. 


Para peserta yang lolos dan hari ini berkompetisi di babak final AITEC III 2021 ini sejatinya sudah menjadi pemenang serta termasuk mahasiswa yang mempunyai kompetensi unggul.


“Kita semua harus memperbanyak kempetisi dalam berbagai bidang disamping untuk menyeleksi kompetensi mahasiswa, akan tetapi juga menguatkan komunikasi dengan dunia industri sehingga akan terjadi simbiosis mutualisme untuk mendukung pembangunan yang semakin kompetitif terutama di era revolusi industry 4.0”, papar Beny Bandanadjaya.


Sementara itu Direktur Polije Saiful Anwar, S.TP, MP memaparkan sejarah awal AITEC yang diinisiasi dan digagas oleh Polije pada tahun 2017, yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing PTV khususnya dibidang pertanian. 


“AITEC diinisiasi dan digagas oleh Polije untuk meningkat nilai tawar bidang pertanian dikancah nasional dengan menggandeng PTN akademik maupun vokasi”, cetusnya.


Menurutnya, ada 2 kategori kontes maupun kompetisinya ada 2 bidang, yaitu kompetisi inovasi yang mengkolaborasikan semua PTN dibidang pertanian serta kontes vokasi yang mewadahi khusus PT vokasi. 


AITEC pertama dilaksanakan di Polije, AITEC kedua dilaksanakan di Politeknik Negeri Lampung dan AITEC ketiga kembali Polije ditunjuk sebagai sebagai tuan rumah.


Kompetisi yang dilaksanakan di Auditorium Vokasi dan di Gelanggang Olahraga (GOR) Perjuangan 45 Polije tersebut diselesaikan sampai sore hari, serta hasil pemenangnya akan diumumkan pada Kamis malam (07/10/2021) dalam acara penutupan AITEC III 2021 di Gedung Serbaguna Soetrisno Widjaja.


Turut hadir dalam gelaran AITEC kali ini Dr. Zainal Arif, ST, MT Ketua Forum Direktur Politeknik se Indonesia (FDPNI), Ketua Badan Koordinasi Kemahasiswaan (Bakorma) Iwa Sudrajat, ST, MT, Direktur Politeknik Caltex Riau, Direktur Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, para Wakil Direktur bidang Kemahasiswaan dari Politeknik Negeri se Indonesia.

Apa Reaksi Anda?