Isbat Nikah Seribu Pasangan Gandeng 18 Hakim Pengadilan Agama

JEMBER - Sebanyak 1000 pasangan yang tersebar di seluruh Jember menjalani isbat nikah massal jumat pagi (28/08/2020). Dalam kegiatan yang dilakukan serentak di 11 kecamatan di Jember ini bahkan melibatkan 18 hakim Pengadilan Agama Jember sehingga bisa berjalan dengan lancar. 


18 hakim ini memimpin jalannya sidang isbat nikah masal yang diikuti oleh seribu orang warga. Para peserta mengikuti sidang isbat nikah di kantor kecamatan masing-masing. Dalam kesempatan itu, Bupati Jember Faida menyebutkan, isbat nikah kali ini Diikuti oleh seribu orang yang tersebar di 11 kecamatan. 


"Sidang isbat nikah di fasilitasi oleh Pengadilan Agama Jember, yang telah menugaskan 18 orang hakim untuk memimpin jalannya sidang," kata Faida. 

Yang membahagiakan, ternyata para peserta isbat nikah tersebut, lanjut Faida, sama sekali tidak dipungut biaya sepeserpun. 


"Sebab untuk biaya sidang isbat sudah dialokasikan melalui APBD, yang uangnya juga langsung di setorkan ke rekening pengadilan agama Jember," kata Faida. Sementara untuk buku nikah rencananya baru akan dibagikan bulan September mendatang karena masih diproses pengurusannya. 


Pemkab Jember juga sudah berkoordinasi dengan seluruh KUA terkait mekanisme pembagian buku nikah kepada masing-masing peserta.


Reporter : Ardi Wardoyo

Editor : Sigit Edi

Apa Reaksi Anda?