Urus Akte Kelahiran Langsung Dapat KIA

JEMBER - Kartu Identitas Anak (KIA) dibutuhkan ketika anak hendak masuk sekolah. Namun, bagi masyarakat tidak perlu khawatir. Pasalnya, saat ini ketika masyarakat mengurus akta kelahiran maka Dispendukcapil akan langsung memberikan kartu identitas anak atau KIA. Jadi sudah sepaket pengurusannya. 


Demikian disampaikan kepala bidang pendaftaran kependudukan Dispenduk capil Jember Ani Setyaningsih. "Sejauh ini kesadaran masyarakat akan pentingnya KIA masih sangat rendah," jelas Ani. Padahal, diakui Ani, KIA saat ini penting bagi masyarakat. Jika tidak memilikinya maka akan bingung juga kelanjutannya. 


Akibatnya, ketika ada keperluan yang mensyaratkan kelengkapan administrasi KIA seperti pendaftaran siswa baru, masyarakat baru berbondong-bondong mengurusnya di kantor kecamatan ataupun Dispenduk. "Makanya sampai terjadi penumpukan pemohon," terangnya. 

 
Menurut Ani, anak usia 0 sudah berhak mendapatkan KIA makanya saat ini masyarakat yang mengurus akte kelahiran akan langsung mendapatkan KIA. "Sampai hari ini di Jember tercatat ada 109 ribu anak yang sudah memiliki KIA," tuturnya. Namun Dispenduk masih akan terus melakukan pendataan terhadap anak-anak yang belum memiliki KIA.
 

Ani berharap masyarakat yang merasa anaknya belum memiliki KIA, dapat segera mengurus di kantor kecamatan atau dispenduk. "Masyarakat tidak perlu khawatir proses pengurusannya lama, kqrena stok blanko KIA di Dispenduk Jember cukup melimpah," terangnya. 

Reporter : Ardi Wardoyo
Editor : Sigit Edi

Apa Reaksi Anda?