Propinsi Minta Pemkab Siapkan Adminduk Go Digital

JEMBER - Menghadapi tantangan era digital yang semakin pesat, pelayanan kependudukan pun dituntut untuk beradaptasi. Termasuk dalam rangka menyambut pelayanan Adminduk Go Digital, Pemprov Jatim pun minta Dispenduk Capil Pemkab Jember menyiapkan sarana prasana dan sumber daya manusia yang mumpuni. 

Terutama agar sesuai dengan layanan adminduk digital yang terbaru. Demikian disampaikan kasi sistem informasi penduduk dinas pemberdayaan perempuan perlindungan anak dan kependudukan (DPPPAK)  Pemprov Jatim Sambudi dalam sosialisasi pengembangan aplikasi sistem informasi administasi kependudukandi aula Kantor Pemkab Jember rabu pagi (19/08/2020). 

"Saat ini Dirjen Adminduk Kemendagri secara bertahap sudah merubah layanan adminduk menjadi digital," tegas Sambudi. Berbagai layanan administrasi kependudukan yang sudah bisa dilayani secara digital pun cukup banyak, sehingga sangat memudahkan masyarakat dalam pengurusannya seperti pengurusan kartu keluarga, akta kependudukan dan E-KTP. 

Oleh karena itu, lanjut Sambudi, kabupaten kota termasuk Jember diminta untuk menyiapkan sarana prasana dan SDM yang mumpuni. "Sehingga tidak ada kendala dalam pelaksanaannya," jelasnya. Sambudi mencotohkan seperti sarana prasana yang ada di kecamatan harus diperbaharui. Dan diharapkan petugas layanan dispenduk harus anak muda sehingga tidak kesulitan saat mempraktekkan penggunaan aplikasi.

Sementara Kasi Sistem Informasi Kependudukan Dispendukcapil Pemkab Jember Yhoni Restian menjelaskan saat ini dispendukcapil sudah menyesuaikan perubahan sistem layanan sesuai perintah Dirjen Adminduk Kemendagri. "Sehingga sejumlah dokumen kependudukan seperti kartu keluarga dan akta kependudukan sudah bisa dicetak sendiri oleh masyarakat," tuturnya. 

Selain itu, tambah Yani, pengajuan berkas juga sudah bisa dilayani secara digital. Hal ini tentu bagi masyarakat yang melakukan pengurusan tidak perlu sering datang ke kantor kecamatan atau kantor dispenduk capil. 


Reporter : Ardi Wardoyo

Editor : Sigit Edi

Apa Reaksi Anda?