SD-SMP Diminta Fasilitasi Pembuatan KIA Kolektif

JEMBER - Kartu Identitas Anak (KIA) menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi. Oleh karena itu, untuk mempermudah pembuatan, Dispenduk Capil Jember minta SD-SMP baik negeri maupun swasta, bersedia memfasilitasi anak didiknya yang belum memiliki KIA. Sebab saat ini pembuatan KIA sudah bisa dilakukan secara kolektif.

 
Demikian disampaikan Kepala bidang pendaftaran kependudukan Dispenduk Jember Ani Setyaningsih. Ani menjelaskan masyarakat tidak perlu lagi mengantri di kantor kecamatan ataupun Dispenduk, untuk mengurus kartu identitas anak. "Sekolah sudah bisa mengkoordinir siswanya, dan mengajukan pengurusan KIA secara kolektif," jelasnya. 


 Lebih jauh Ani menjelaskan, pihaknya juga sudah berkirim surat kepada seluruh SD dan SMP yang ada di Jember, untuk mensosialisasikan pengurusan KIA secara kolektif. "Selanjutnya terserah kebijakan masing-masing sekolah, bersedia atau tidak untuk memfasilitasi KIA anak didiknya," terangnya. 


Dengan mekanisme ini, Ani berharap target agar seluruh anak di Jember memiliki KIA dapat segera terealisasi. "Masyarakat juga tidak perlu khawatir kehabisan blanko KIA, karena saat ini stock yang tersedia di kantor Dispenduk Jember masih cukup banyak," tegasnya.

Reporter : Ardi Wardoyo
Editor : Sigit Edi

Apa Reaksi Anda?