Apresiasi Atlet Muda di Jember Dengan Buku

JEMBER - Di tengah minimnya apresiasi pemerintah khususnya pemerintah daerah, menggelitik jurnalis muda M. Ainul Budi. Dirinya pun mengorbitkan perjuangan sejumlah atlet muda di Jember dalam sebuah buku berjudul 'Jagoan Muda Pandhalungan'. Hal ini selain sebagai apresiasi juga memberikan semangat atlet muda agar lebih berprestasi. 

Hal ini terungkap dalam acara peluncuran sekaligus bedah buku tersebut di cafe kawasan Semeru Jember. Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh sejumlah insan penggiat olahraga di Jember. Sebut saja Ketua Askab PSSI Jember Sutikno, Ketua Pelti Jember Prof. Sutriono, Ketua PBSI Jember Erfan Priambodo dan sejumlah penggiat olahraga lainnya. 

Sutikno, Ketua Askab PSSI Jember dalam diskusi mengatakan jika pihaknya menyambut baik adanya buku tersebut. "Ini bisa menjadi motivasi bagi atlet Jember yang selama ini minim perhatian," ucap pria yang menjadi pemilik wisata Niagara Ambulu ini. Sutikno mengatakan apresiasi itu memang minim, bahkan untuk atlet Jember yang notabene banyak prestasi hingga nasional dan internasional. 

Hal yang sama disampaikan oleh Sutriono, Ketua Pelti Jember. Dirinya juga banyak membandingkan dengan daerah lain dimana atletnya mendapatkan apresiasi lebih karena berhasil membanggakan daerahnya. "Saat persiapan kejuaraan misalnya, cabor banyak kebingungan karena persiapan minim," jelasnya. Misalnya untuk persiapan, lapangan yang digunakan kadang tidak memenuhi standar dan lain sebagainya. 

Dirinya pun menyebut adanya buku ini menjadi oase bagi atlet muda di Jember. Ini menjadi penghibur hati bagi atlet muda yang telah berjuang memperjuangkan nama daerahnya. "Ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi atlet. Terima kasih mas Budi sudah mewadahi dengan sebuah buku," tuturnya. Pihaknya pun berharap nantinya banyak penulis lain yang mengangkat prestasi atlet Jember. 

Sementara itu, Budi mengucapkan terimakasih penghargaan semua pihak yang ikut mensukseskan terbitnya buku pertamanya itu. "Ini menjadi hadiah bagi atlet di Jember. Sebagai bentuk apresiasi perjuangan mereka," tegasnya. Budi menuturkan ini merupakan tulisan-tulisannya tentang atlet Jember selama ini yang selama ini banyak ditulisnya di medianya bekerja. 

"Ada tulisan tentang 42 atlet dari 17 cabang olahraga di Jember," terangnya. Budi berharap tulisan ini bukan malah membuat atlet muda di Jember puas diri dengan prestasi yang diraih selama ini. Namun, dia berharap ini menjadi pelecut bagi atlet muda untuk lebih berprestasi nantinya. Bukan hanya di kancah lokal, namun nasional hingga internasional. 


Reporter : Ardi Wardoyo

Editor : Sigit Edi

Apa Reaksi Anda?