Gandeng BAIS TNI, PTPN XII Gelar Vaksinasi Sasar 5 Ribu Orang

JEMBER - Hingga saat ini, vaksinasi di Jember belum mencapai 50 persen. Sejumlah pihak pun memberikan dukungan yakni melakukan vaksinasi bagi warga di Jember, agar target 70 persen atau Herd Immunity segera tercapai. Seperti yang dilakukan PTPN XII bersinergi dengan Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI.

Kegiatan bertajuk “Serbuan Vaksinasi BAIS TNI bersama PTPN XII” ini dilakukan di Kantor Perwakilan PTPN XII Jember, mulai Selasa 05 Oktober hingga Kamis 06 Oktober 2021. Target vaksinasi kali ini adalah 5.000 orang.

“Program vaksinasi merupakan program dari pemerintah yang kami tindaklanjuti untuk meningkatkan kekebalan komunal karyawan serta keluarganya, guna mencegah penularan Covid-19,” ujar Siwi Peni, Direktur PTPN XII di sela-sela pelaksanaan kegiatan vaksinasi di Kantor Perwakilan PTPN XII Jember, Selasa (5/10/2021).

Menurut Siwi, sasaran vaksinasi selain ditujukan kepada para personel karyawan PTPN XII yang belum divaksin dan keluarganya, juga terbuka bagi masyarakat sekitar unit kerja PTPN XII yang berdomisili/tinggal di wilayah Kabupaten Jember dan sekitarnya.

“Sebanyak 12 kebun yang menjadi unit usaha PTPN XII terletak di Kabupaten Jember. Jadi kami sangat berterima kasih, karena kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk memberikan perhatian kepada karyawan dan masyarakat sekitar unit kerja PTPN XII agar terus sehat," imbuhnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris BAIS TNI Marsda TNI Jemi Trisonjaya, Bupati Jember Hendy Siswanto, Dandim 0824/Jember Letkol Inf. La Ode M. Nurdin, Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin, Direktur PTPN XII Siwi Peni, serta SEVP Business Support PTPN XII Tri Septiono.

Senior Executive Vice President (SEVP) Business Support PTPN XII, Tri Septiono menambahkan, pemberian vaksinasi kali ini merupakan bentuk upaya kepedulian perusahaan dalam menjalankan roda ekonomi di bidang agroindustri.

“Letak geografis kebun yang menjadi unit kerja PTPN XII sebagian besar terletak di Kabupaten Jember. Hal ini tentu saja akan sangat berpengaruh pada keberlangsungan proses bisnis perusahaan bahkan ekonomi masyarakat sekitar. Karena itu kesehatan karyawan beserta keluarganya yang berperan sebagai motor ekonomi di tengah pandemi harus diperhatikan," kata Tri Septiono.

Kepala Bagian Sekper PTPN XII, Winarto, mengatakan bahwa jenis vaksin yang diberikan dalam kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan bersama BAIS TNI tersebut adalah vaksin Sinovac. Adapun pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dilakukan oleh tenaga medis dari PT Rolas Nusantara Medika, anak perusahaan asosiasi PTPN XII yang bergerak di bidang layanan kesehatan dan mengoperasikan rumah sakit.

“Bagi peserta yang telah menjalani vaksinasi akan mendapatkan surat keterangan vaksinasi Covid-19, dan mereka tetap dianjurkan menjalankan protokol kesehatan,” tutur Winarto, seraya menjelaskan bahwa unit-unit kerja PTPN XII di wilayah Jember telah memberlakukan prokes secara ketat.

Digelarnya serbuan vaksin di Jember merupakan upaya untuk memperluas jangkauan vaksinasi terhadap masyarakat di kabupaten tersebut.

Bupati Jember Hendy Siswanto menyebutkan, hingga saat ini, dari total 1,9 juta jiwa masyarakat Kabupaten Jember yang harus vaksin, pencapaian vaksin dosis 1 sudah mencapai 24% atau sekitar 480.000 jiwa.

“Kabupaten Jember saat ini sudah masuk ke posisi level 1 versi assessment di Jawa Timur dalam tiga pekan terakhir. Saat ini Jember membutuhkan tambahan vaksin dosis 1 minimal sebanyak 50 persen,” ungkap Hendy saat melakukan kunjungan ke Kantor Perwakilan PTPN XII di Jember yang menjadi lokasi kegiatan Serbuan Vaksinasi BAIS TNI bersama PTPN XII.

Reporter     : Supra
Editor          : Yakub Mulyono

Apa Reaksi Anda?