Ratusan Karyawan PTPN XII di Jember Vaksinasi Massal

JEMBER – PT Perkebunan Nusantara XII (PTPN XII) menggandeng PT Rolas Nusantara Medika, menggelar Vaksinasi massal Covid-19 untuk seluruh karyawan yang beridentitas Kabupaten Jember. Kegiatan vaksinasi ini digelar di Aula Serba Guna Kantor Perwakilan Jember PTPN XII, Jalan Gajah Mada - Jember, Selasa (02/03/2021). 

Direktur PTPN XII Siwi Peni, menjelaskan sebanyak 722 dosis vaksin Sinovac didapatkan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jember melalui anak perusahaan asosiasi PT Rolas Nusantara Medika, yang diperuntukkan bagi seluruh karyawan PTPN XII yang berdomisili di Kabupaten Jember. 

“Kami mendapatkan info dari PT Rolas Nusantara Medika kalau PTPN XII mendapatkan jatah sebanyak 722 dosis vaksin. Kami langsung bergerak cepat dan menjadwalkan vaksinasi massal mulai hari ini," ujar Siwi yang hadir untuk memantau jalannya kegiatan. 

Sesuai anjuran pemerintah vaksinasi dilakukan dua tahap, yakni tahap pertama dan tahap kedua untuk pengulangan. Vaksinasi tahap pertama ini dijadwalkan selama dua hari mulai hari selasa (2/3/2021) sampai Rabu (3/3/2021), mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 17.00 WIB. Jumlah peserta perhari sebanyak 361 orang, untuk menghindari kerumunan. Kemudian untuk vaksinasi tahap kedua, rencana dilaksanakan 14 hari ke depan. 

Lima tim vaksinator didatangkan langsung dari tiga fasilitas kesehatan milik PT Rolas Nusantara Medika. Yakni RSU Kaliwates Jember, Klinik Rolas Medika Jember, dan Klinik Rolas Medika Banjarsari. 

“Masing-masing tim terdiri dari lima orang yang akan bertugas di meja registrasi, meja pemeriksaan, meja verifikasi, dan meja observasi setelah vaksin," ungkap dr. I Wayan Sulianta selaku Direktur PT Rolas Nusantara Medika. 

Pemberian vaksin sesuai kriteria screening, calon penerima vaksin harus dipastikan sehat secara jasmani, tidak sedang sakit, tidak memiliki komorbid seperti jantung, gula darah tinggi, ibu hamil, atau pasien yang baru sembuh dari Covid-19 kurang dari tiga bulan. 

“Maka dari itu screening calon penerima kita lakukan secara bertahap mulai dari meja II screening oleh perawat dilanjutkan di meja III screening oleh Dokter sekaligus penyuntikan vaksin, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," ujar Sulianta. 

Setelah disuntik vaksin, para penerima diobservasi terlebih dahulu di meja IV selama 30 menit untuk melihat reaksi Kejadian Ikutan Paska Imunisasi (KIPI) yang timbul dari pemberian vaksin. Selanjutnya, meskipun karyawan sudah tervaksin, tidak berarti terhindar sepenuhnya dari Virus. Karyawan harus tetap menerapkan pola hidup sehat dan menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. 

“Respon tubuh penerima akan berbeda-beda antara seorang dengan yang lain. Ada yang tidak terdapat respon keluhan, ada yang terdapat reaksi tertentu. Hal ini yang perlu diobservasi dan ditindaklanjuti pemeriksaan dan tindakan medis bila terdapat kejadian medis yang diduga berhubungan dengan vaksinasi tersebut. Satu lagi, sudah divaksin 

belum tentu tidak tertular Covid-19, tetap terapkan hidup sehat dan 3M sebagai protokol kesehatan kita”, tambah drg. Hindun Mardiyana koordinator pelaksanaan dari PT Rolas Nusantara Medika. 

Berdasarkan data pendaftar yang berhasil dihimpun, 722 calon penerima vaksin berKTP Kabupaten Jember tersebar di beberapa unit kerja PTPN XII. Diantaranya Kebun Banjarsari, Kebun Glantangan, Kebun Gunung Gambir, Kebun Gunung Gumitir, Kebun Kalisanen, Kebun Kotta Blater, Kebun Mumbul, Kebun Renteng, Kebun Silosanen, Kebun Sumber Tengah, Kebun Zeelandia, Kantor Perwakilan Jember, dan Karyawan di unit kerja lain yang terdaftar berdomisili di Kabupaten Jember. 

Vaksinasi PTPN XII ini merupakan bentuk dukungan PTPN XII terhadap program pemerintah. Siwi Peni berharap pelaksanaan vaksinasi massal ini dapat berjalan dengan lancar, segera memutus rantai penyebaran Covid-19 serta pemulihan ekonomi di Kabupaten Jember. 

“Berharap semua berjalan lancar sesuai harapan, bagi karyawan yang lain, semoga dapat diusahakan secepatnya untuk vaksinasi," pungkas Siwi. 

Ditemui di tempat lain, SEVP Business Support PTPN XII, Wien Irwanto menjelaskan bahwa langkah vaksinasi massal yang diambil oleh PTPN XII merupakan bentuk upaya perusahaan dalam meningkatkan ekonomi berbasis Agroindustri. Bagaimana tidak, PTPN XII yang merupakan salah satu anak perusahaan BUMN Perkebunan padat karya yang bergerak di bidang agroindustri komoditas Kopi, Karet, Kakao, Teh, dan Tebu ini, sangat terpengaruh adanya pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai bahkan telah berulang tahun di bulan Maret 2021. 

Terlebih lagi, sebagian besar unit usahanya terletak di Kabupaten Jember akan sangat berpengaruh pada keberlangsungan tumbuh kembang perusahaan. Bahkan ekonomi masyarakat sekitar apabila tidak mendahulukan kesehatan karyawan sebagai motor ekonomi di tengah pandemi. 

“Selama ini perusahaan telah mengupayakan dengan pemberian vitamin untuk meningkatkan imunitas seluruh karyawan, memberlakukan sistem WFH (Work From Home) dan lockdown, pengobatan karyawan terinfeksi Covid-19, hingga upaya-upaya preventif lainnya di seluruh unit kerja," pungkas Wien.



Reporter     : supra

Editor     : sigit edi maryanto

Apa Reaksi Anda?